10 Makanan Probiotik Terbaik yang Menjaga Kesehatan Usus

10 Makanan Probiotik Terbaik yang Menjaga Kesehatan Usus

Menurut penelitian, kesehatan usus kita penting untuk kesejahteraan kita secara keseluruhan. Usus adalah saluran pencernaan kita yang terdiri dari sejumlah besar mikroba yang membuat tubuh dan otak kita berfungsi secara optimal. Mikroba usus menentukan cara kita menyimpan lemak, bagaimana tubuh kita menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah, dan bagaimana kita merespons hormon tertentu yang menentukan apakah Anda merasa lapar atau kenyang.

Para peneliti juga menemukan bahwa sistem saraf di usus kita yang disebut sebagai “otak kedua” berkomunikasi dengan otak di kepala kita. Ini juga berperan dalam mengendalikan penyakit tertentu dan dalam menjaga kesehatan mental.

Probiotik adalah bakteri dan ragi hidup. Bakteri hidup ini bermanfaat untuk sistem pencernaan. Ini bukan kuman yang menyebabkan penyakit. Tubuh kita mengandung bakteri, baik dan buruk. Probiotik adalah bakteri “baik” yang membantu menjaga usus kita tetap sehat. Ada beberapa makanan probiotik yang tersedia di India.

Prebiotik ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tertentu,makanan fermentasi dan dalam bentuk suplemen juga. Sumber prebiotik yang paling penting adalah serat.

1. Acar: Sayuran Asam Unik

Acar yang terbuat dari sayuran seperti mentimun mengandung banyak antioksidan, bakteri baik, dan probiotik. Namun, tidak semua makanan acar mengalami fermentasi atau mengandung bakteri baik.

Disarankan untuk membeli acar dari varietas segar yang dijual di toko dan bukan yang dijual dalam botol yang dapat disimpan di rak. Varietas segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi di dalamnya.

2. Brokoli

Brokoli dan sayuran lain dalam keluarga cruciferous termasuk dalam daftar makanan probiotik di India karena kaya akan serat. Jadi disarankan agar Anda memasukkan sayuran silangan seperti kembang kol, Kale, kubis Brussel, kubis secara teratur ke dalam diet Anda. Anda dapat makan sayuran dalam berbagai bentuk seperti tumis, panggang, kukus atau mentah dengan salad.

3. Asparagus

Kaya akan prebiotik,Asparagus adalah batang hijau yang enak dan menyehatkan. Ini karena Asparagus kaya akan inulin. Ini dapat membantu meningkatkan keteraturan usus dan mengurangi kembung.

Anda bisa membuat asparagus dikukus, ditumis, dipanggang, atau mentah dalam salad. Anda juga bisa menambahkan asparagus yang dikukus dan dicincang ringan ke Quinoa atau nasi merah dan menjadikannya sebagai makanan lengkap.

4. Lobak

Lobak adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan usus. Ini kaya serat dan mengandung senyawa khusus yang disebut RsPHGPx yang membantu membersihkan perut dan hati kita dengan sifat detoksifikasi.

Anda dapat makan lobak dengan beberapa cara seperti sup, chutney, paratha isi,kari, sayuran kering, dan juga dengan menambahkannya ke salad dan raitas.

5. Biji Rami

Hal ini tepat disebut benih ‘pembangkit tenaga listrik’ karena mengandung jumlah yang sangat tinggi dari jenis antioksidan yang disebut Lignan. Lignan mengandung jumlah tertinggi sifat anti-kanker di antara semua makanan lain yang digunakan untuk konsumsi manusia.

Biji rami mengandung serat larut. Serat ini sangat meningkatkan keteraturan pencernaan. Anda dapat menambahkan biji rami ke dalam smoothie atau salad Anda. Namun, Anda harus memilih biji rami yang baru digiling karena biji rami utuh sulit dicerna.

6. Pisang

Pisang kaya akan potasium dan magnesium. Karena kandungannya yang kaya akan potasium dan magnesium, ini membantu melawan peradangan.

Menurut penelitian, pisang membantu mengurangi kembung. Ini juga dapat mendukung penurunan berat badan karena cenderung mudah merasa kenyang dan mengontrol nafsu makan kita. Pisang adalah salah satu makanan probiotik yang paling mudah tersedia di India. Ini adalah pilihan yang baik untuk memakannya sebagai camilan tengah hari daripada makan junk food yang tidak sehat.

7. Apel

Seperti Pisang Anda bisa makan apel sebagai camilan dan itu adalah makanan probiotik yang mudah didapat. Apel rebus sangat bermanfaat untuk mikrobioma Anda, karena memiliki sifat penyembuhan untuk usus.

8. Bawang Putih

Bawang putih yang digunakan untuk tujuan menambah rasa pada makanan sangat bermanfaat bagi usus.

9. Kimchi

Kimchi adalah kubis yang difermentasi. Itu dibuat dengan menggunakan beberapa bumbu dan bahan yang berbeda. Bahan-bahan umum termasuk garam, bubuk cabai, bawang merah, bawang putih, dan jahe.

Kadang-kadang dibuat dengan basis stok ikan, tetapi mudah untuk menemukan versi nabati lebih umum dan tersedia di toko-toko.

10. Yoghurt

Ini adalah makanan probiotik yang paling umum dan populer. Yoghurt dibuat dari susu hewan yang diberi makan rumput dan belum dipasteurisasi.