5 Sayuran Tersehat yang Wajib Anda Konsumsi

5 Sayuran Tersehat yang Wajib Anda Konsumsi

Kita semua tahu bahwa kita harus makan lebih banyak sayuran agar tetap sehat. Sangat penting untuk mengkonsumsi sayuran ketika Anda ingin menurunkan berat badan dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Mereka tinggi vitamin, serat, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang kita butuhkan setiap hari.

Namun, sayuran tidak diciptakan sama; beberapa sayuran jauh lebih sehat daripada yang lain. Sayuran tersebut menonjol karena rendah karbohidrat, memiliki manfaat kesehatan tambahan, dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit tertentu dan mengurangi peradangan. Berikut adalah beberapa sayuran sehat yang harus Anda makan.

1. Bayam

Karena profil nutrisinya yang tinggi, bayam berada di urutan teratas daftar lima sayuran yang kami rekomendasikan. Daun hijau ini memiliki banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit menular. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa sayuran berdaun seperti bayam mengandung lutein dan beta karoten yang tinggi. Ini adalah dua antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker tertentu.

2. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai tanaman obat selama berabad-abad. Senyawa aktif utama dalam bawang putih adalah allicin. Telah ditemukan untuk mengurangi peradangan dan menawarkan manfaat antioksidan. Bawang putih dikenal dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah total, dan sebagai hasilnya mengurangi risiko penyakit jantung. Bawang putih juga telah diteliti untuk pencegahan kanker tertentu seperti kanker hati; namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami potensi penuh bawang putih di area tersebut.

3. Kubis

Kale adalah sayuran berdaun hijau lainnya yang terkenal dengan kandungan antioksidannya. Hanya satu cangkir kangkung mentah memiliki semua Vitamin B, Kalium, Kalsium, dan Tembaga yang Anda butuhkan untuk hari itu. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, kangkung juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kolesterol tinggi yang minum jus kangkung setiap hari meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat hanya dalam waktu 12 minggu.

4. Kecambah Brussel

Brussel Sprouts adalah anggota keluarga sayuran silangan dan memiliki banyak senyawa yang membantu meningkatkan kesehatan Anda. Mereka mengandung antioksidan yang dikenal sebagai kaempferol yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Makan kubis Brussel secara teratur juga dapat membantu meningkatkan detoksifikasi. Ini penting untuk membantu mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Swiss Chard

Swiss Chard adalah sayuran rendah kalori yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting. Hanya satu cangkir sayuran super ini mengandung banyak protein, serat, dan vitamin A, C, dan K. Ini juga tinggi magnesium dan mangan. Sayuran ini dikenal dapat mencegah kerusakan akibat diabetes melitus. Dalam sebuah penelitian, ekstrak dari swiss chard digunakan untuk membalikkan efek diabetes dengan mencegah kerusakan sel dan menurunkan kadar gula darah.